Semua yang perlu Anda ketahui tentang PS5 Anda yang Baru

PlayStation 5 sudah membuktikan kesuksesan besar – sampai menyandang gelar sebagai konsol game dengan penjualan tercepat sepanjang masa.

Sangat mudah untuk melihat alasannya. Bentuknya yang gemerlap mirip tampilan gedung pencakar langit dan menawarkan teknologi tingkat berikutnya yang sebenarnya, tapi apa sebenarnya yang dapat Anda lakukan dengannya selain bermain game?

Kami telah menyusun panduan praktis untuk siapa saja yang baru saja membeli PS5 atau PS5: Edisi Digital, atau menemukannya di bawah pohon Natal. Berikut adalah tips dan trik terbaik yang kami temukan.

Cara mentransfer file dari PS4 ke PS5

Jika Anda sudah memiliki PS4 dan ingin mengatur PS5 Anda menggunakan pengaturan yang ada dan game yang sudah terinstal, Anda dapat mentransfer file dari PS4 ke PS5 baru melalui jaringan lokal Anda.

Anda memerlukan perangkat lunak sistem terbaru di kedua konsol, jadi pastikan perangkat tersebut sudah mengalami pembaruan. Anda juga perlu memastikan bahwa Piala sudah tersinkron (dengan menekan opsi saat melihat Piala Anda dan memilih Sync dengan Jaringan PlayStation).

Pertama, Anda perlu menyiapkan kedua konsol untuk mentransfer. Pembeli baru dapat melakukan ini dengan menghubungkan keduanya melalui Wi-Fi router rumah atau melalui kabel LAN. Yang pilihan terakhir jauh lebih cepat.

Jika Anda cuma memiliki satu kabel LAN, pastikan kedua konsol terhubung melalui Wi-Fi ke router, lalu colokkan kabel LAN ke port Ethernet masing-masing konsol.

Setelah terhubung, hidupkan kedua konsol dan menuju ke Pengaturan PS5 Anda. Pilih Sistem, lalu Perangkat Lunak Sistem dan pilih Transfer Data. Dan sisanya hanya tekan Lanjutkan.

PS4 Anda akan muncul di layar berikutnya. Pilih dan segera setelah tulisan Prepare for Data Transfer muncul, tekan dan tahan tombol daya pada PS4 Anda sampai terdengar bunyi bip.

Anda kemudian dapat memilih semua konten yang ingin Anda transfer dan memilih Star Transfer.

Cara memasukkan disk ke PS5

Ini mungkin tips yang aneh, tapi jika Anda mempertahankan pengaturan standar PS 5 – sesuatu yang dirancang paling baik untuk itu – disk tidak masuk ke drive dengan arah yang paling alami.

Sebagai gantinya, Anda harus menghadap bagian atas Blu-ray atau game ke kiri dan ke arah bagian atas konsol itu sendiri. Beberapa orang mungkin mengatakan itu sudah jelas, tetapi itu bukan untuk yang pertama kali konsol ini.

Jika Anda meletakkan PS5 Anda secara horizontal, posisi itu lebih masuk akal karena disk dimasukkan dengan cara yang benar (dengan slot disk di bagian bawah konsol). Ini juga tidak relevan untuk pemilik Edisi Digital, tentunya.

Cara Mengeluarkan Audio Bitstream/Dolby Atmos pada 4K Ultra HD Blu-ray

PS5 tidak mendukung Dolby Atmos, tapi masih mampu mengeluarkan audio bitstream melalui HDMI untuk DVD, Blu-ray dan 4K Blu-ray. Sehingga penerima AV, sistem surround, atau soundbar Anda dapat memecahkan kode sinyal itu sendiri. Satu-satunya yang menjadi masalah ialah Anda harus memilih opsi secara manual, dan itu tidak tersedia di pengaturan PS5 biasa.

Pada dasarnya, Anda hanya dapat melakukannya saat memasukkan disk dan menjalankannya. Ketika mencapai menu disk utama – dari film atau acara TV – tekan tombol Options dan Anda akan melihat beberapa pop-up muncul di bagian bawah layar.

Pilih ikon burger (tiga titik) dan kemudian Pengaturan di menu berikutnya yang muncul. Pilih Audio Format lalu Bitstream. Sekarang gunakan tombol lingkaran pada pengontrol (atau tombol kembali pada Media Remote) beberapa kali untuk kembali ke menu film.

Cara Memasangkan PS5 Media Remote

PS 5 memiliki Media Remote opsionalnya sendiri untuk mengontrol aplikasi streaming dan pemutaran 4K Blu-ray.

Perangkat Bluetooth mudah untuk dipasangkan dengan konsol. Anda hanya perlu menuju ke “Settings”, lalu “Accessories”, gulir ke bawah menuju “Media Remote” dan pilih “Set up Media Remote”.

Seorang wizard akan memandu Anda melalui secara bertahap. Tapi untuk meletakkan remote dalam mode berpasangan cukup tahan tombol PlayStation dan opsi selama beberapa detik. Remote juga dapat Anda atur untuk mengontrol TV dan, seperti dalam masalah ini, sistem suara.

Cara Memastikan Anda Memainkan Game Versi PS5 bukan PS4

Ini mungkin hanya masalah sepele, tapi ada beberapa game yang bermain ganda – misalnya berisi game PS4 dan PS5 – dapat secara tidak sengaja beralih ke versi yang salah di layar beranda Anda. Hal ini pernah terjadi pada game Call of Duty: Black Ops Cold War.

Salah satu cara untuk memastikan bahwa Anda tidak akan memainkan versi yang salah adalah jangan mengunduh edisi PS4. Dengan begitu, akan muncul tulisan Unduh di layar gim utama saat Anda mengarahkan kursor ke bilah atas, bukan Putar.

Namun, untuk memeriksa ulang, atau beralih ke versi yang benar jika memang tertulis Unduh, Anda perlu mengklik ikon burger (tiga titik) di hub game. Jika itu mencantumkan versi PS5, Anda sudah memilih yang salah. Klik pada versi PS5 itu dan itu akan ditukar.

Cara mengurutkan daftar hanya game PS5 di perpustakaan Anda

Jika Anda sudah memiliki perpustakaan game PS4 yang layak yang ditetapkan ke akun PlayStation Anda, atau telah mengunduh beberapa Koleksi PS Plus, tetapi hanya ingin melihat game apa yang Anda miliki yang merupakan judul asli PS5, Anda dapat memfilter daftarnya.

Buka ikon Game Library di bilah atas pada layar beranda dan klik tombol filter di sisi kiri (memiliki arround ke bawah di atasnya). Pilih Platform lalu centang PS5. Perpustakaan Anda sekarang hanya akan menampilkan game versi PS5. Anda dapat melakukan hal yang sama untuk platform lain.

Cara memperluas penyimpanan PS5 Anda

Ada dua cara untuk memperluas kapasitas penyimpanan PS5, tapi tidak ada yang sempurna saat ini. Pada saat penulisan, Sony belum mengaktifkan kompatibilitas kartu SSD. Ada slot untuk kartu SSD NVMe PICe Gen 4, yang kabarnya akan menerima solusi pihak ketiga di masa mendatang, tapi yang itu masih belum aktif.

Sebaliknya, satu-satunya cara Anda dapat melepas game sehingga tidak sepenuhnya menggunakan 667 GB penyimpanan yang tersedia pada SSD internal adalah dengan menggunakan HDD atau SSD eksternal yang dicolokkan ke port USB (hanya drive USB 3.0 dan yang lebih baru). Dan, meski begitu, Anda tidak dapat memainkan game PS5 dari satu – atau bahkan menyimpan game atau aplikasi PS5 di dalamnya.

Anda bisa memainkan game PS4 yang tersimpan di drive eksternal, dan itu sangat disarankan. Ini akan meninggalkan penyimpanan internal hanya untuk judul PS5 asli.

Anda dapat membaca panduan mendalam kami tentang cara membuat ini berfungsi di sini (sama seperti di PS4). Satu tips tambahan kepada Anda adalah Anda perlu mencolokkan drive eksternal untuk pertama kali ketika PS5 baru dinyalakan – itu kemudian akan mengenali drive tersebut. Untuk beberapa alasan, itu tidak mengenali drive saat kami mencolokkannya sebelum menyalakan konsol kami.

Cara memindahkan game PS4 ke hard drive eksternal

Saat Anda memiliki drive eksternal yang tercolok dan aktif, Anda dapat memindahkan game dan aplikasi PS4 dari drive internal ke drive eksternal.

Pertama-tama, buka Pengaturan, gulir ke bawah dan klik Penyimpanan. Kemudian klik Penyimpanan Konsol. Pindah ke tag Game dan Aplikasi dan klik di atasnya.

Pilih tagar item yang dapat Anda Pindahkan di bagian atas halaman berikutnya, klik salah satu game yang ingin Anda transfer lalu tekan Pindah.

Cara mengatur PS5 Control Parents

Anda dapat mengatur kontrol orang tua untuk setiap anak yang akan menggunakan PlayStation 5. Ini termasuk batasan usia untuk konten, kemampuan untuk melacak dan membatasi waktu bermain, mengatur batasan pengeluaran pada dompet bersama, dan membatasi fitur komunikasi.

Anda dapat mengaturnya di konsol itu sendiri, atau melalui browser internal di PC, Mac, atau seluler. Untuk yang terakhir, buka halaman manajemen akun Anda di situs web Sony. Kemudian klik Manajemen Keluarga. Anda dapat mengatur semua konsol untuk setiap akun PlayStation anak dari sana.

Atau, Anda dapat mengaturnya dari menu pengaturan PS5 itu sendiri. Buka Pengaturan, gulir ke bawah ke bagian Family and Parental Controls. Kemudian, Anda akan menemukan Kontrol Orang Tua dalam Manajemen Keluarga.

Di menu PS5, Anda dapat mengubah setiap kontrol satu per satu atau memilih tingkat pembatasan yang telah ditetapkan antara Anak-anak, Awal Remaja, atau Remaja Akhir atau Lebih Tua.